Kandungan gizi dan manfaat buah pisang bagi kesehatan kita

Kalian pasti tahu buah apa ini? Buah ini sangat populer dipedesaan maupun perkotaan. Karena buah ini mengandung banyak sekali vitamin dan buah ini sangat mudah dikonsumsi dengan harga yang terjangkau. Pisang merupakan pohon jenis Terna (pohon dengan batang yang lunak dan tidak berkayu) dengan batang yang kuat, dan daun-daun yang besar memanjang dan berwarna hijau tua. Buah pisang berbentuk sisiran setiap sisirnya berisi 10-20 buah, dan dalam ada yang berbiji ada juga yang tidak berbiji. Pisang mengandung banyak sekali gizi, yang mana satu kali makan buah pisang bisa menggantikan makan pokok selama 2 jam.

Pisang sangat dianjurakan oleh para dokter untuk pasien yang kadar potasiumnya rendah. Satu buah mengandung 602 mg potassium dan hanya mengandung 140 kalori. Pisang dengan ukuran yang sama bahkan mempunyai 2 gram protein dan 4 gram serat. Tidak heran kalau pisang dianjurkan untuk anak-anak yang kurang gizi, tau bahkan pisang sangat baik buat para atlit olahraga.

Kandungan Yang Terdapat Pada Buah Pisang

Kandungan yang terdapat dalam buah pisang mengandung (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%), lemak dan minyak, (1%) serat Selulosa. Sebagaimana juga mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Obat hipertensi (tekanan darah tinggi)

Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.

Mencegah penyakit jantung

Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

Kesehatan janin

Ibu hamil disarankan makan pisang karena kandungan asam folatnya mudah diserap janin.

Mengatasi anemia (kurang darah)

Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan.

Mengatasi gangguan pencernaan

Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung.  Untuk itu pilihlah pisang yang manis. Serat pada pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.

Baca artikel lainnya: Latihan Menuju Sehat

Menurunkan berat badan

Karbohidrat kompleks tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastis; juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Serat pada pisang juga menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme. Asalkan pisang dikonsumsi secara langsung itu lebih baik, dari pada dibuat seperti; digoreng dibuat jus, karena itu akan menghilangkan beberapa kandungan vitamin yang terdapat pada buah pisang.

Semoga artikelnya bermanfaat dan jangan lupa bantu dishare ketemen-temen. Terima kasih serta salam sejahtera!!!!!

 

1 Trackback / Pingback

  1. Bingung Mengatasi Hama Wereng yang membandel ?? | Infopetaniku.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*